Terdapat lebih dari 200 virus berbeda yang bertanggung jawab atas flu dan batuk yang kita derita dan hampir tidak bisa dihindari setiap tahunnya. Menurut para pakar kesehatan, kunci untuk tetap sehat sepanjang musim sangat bergantung pada makanan yang kita makan. Berikut lima makanan yang bisa mencegah bunda dan anak bunda terserang flu batuk serta membantu mengobati flu dan batuk secara alami pada saat cuaca yang tidak menentu:

Baca juga:

Madu

Mengobati Flu Batuk secara Alami dengan Makanan Sehat /images/madu-obat-batuk-pilek-alami.jpg
Madu tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, madu juga kaya akan protein defensin, yang secara aktif membunuh bakteri dan menguatkan tubuh sehingga bisa menjadi obat alami pencegah flu batuk. Jadi, apapun yang bunda dan anak bunda konsumsi, apakah bubur atau teh, jangan lupa campurkan madu sebagai pemanis makanan dan minuman. (Ingat, si kecil baru boleh mengonsumsi madu setelah berusia satu tahun ke atas.)

Salmon

Mengobati Flu Batuk secara Alami dengan Makanan Sehat /images/salmon-obat-batuk-pilek-alami.jpg
Ikan salmon mengandung banyak asam lemak penting omega-3 (omega-3 essential fatty acids) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Omega-3 menekan produksi prostaglandins series 2, senyawa dalam tubuh yang bisa memperburuk inflamasi. Salmon juga merupakan sumber utama vitamin D, yang meningkatkan aktivasi sel-sel dalam tubuh yang membantu memelihara sistem kekebalan.

Coklat hitam

Mengobati Flu Batuk secara Alami dengan Makanan Sehat /images/coklat-hitam-obat-batuk-pilek-alami.jpg
Walaupun kelihatannya tidak seperti penyelamat untuk batuk yang mengganggu, mengonsumsi coklat hitam secara rutin mungkin membantu meredakan gejalanya. Penelitian menunjukkan bahwa teobromina - produk turunan dari kakao - meringankan intensitas dan lamanya batuk. Coklat hitam tanpa gula membantu mengobati batuk secara alami. Coklat hitam tanpa gula juga memungkinkan bunda dan si kecil untuk memuaskan keinginan akan makanan manis namun tetap sehat selama musim penghujan maupun saat cuaca tidak menentu.

Buah sitrus

Mengobati Flu Batuk secara Alami dengan Makanan Sehat /images/sitrus-obat-batuk-pilek-alami.jpg
Buah sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan jeruk mandarin merupakan sumber vitamin C, unsur utama dalam menguatkan sistem imun tubuh, yang berarti tubuh bunda dan si kecil mampu untuk mengeliminasi ancaman virus sebelum ia menyerang. Konsumsi buah sitrus yang kaya vitamin C secara rutin untuk mencegah dan mengobati flu batuk secara alami untuk anak dan Anda sendiri.

Sup ayam

Mengobati Flu Batuk secara Alami dengan Makanan Sehat /images/sup-ayam-obat-batuk-pilek-alami.jpg
Makanan sederhana seperti sup ayam seringkali menjadi andalan pertama pada saat awal mulai munculnya gejala flu dan batuk. Sup ayam merupakan makanan yang bergizi yang mengandung banyak cairan untuk menjaga bunda dan anak tetap terhidrasi dan mencegah terjadinya gejala flu yang lebih berat. Sup ayam bisa menjadi obat rumahan yang ampuh untuk mengobati pilek dan batuk secara alami, terutama untuk sang buah hati yang masih kecil.

Demikian cara mengobati flu batuk secara alami untuk bunda maupun si kecil dengan memakan makanan sehat dan bergizi. Semoga bermanfaat!