Skip to main content

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Dua belas bulan pertama kehidupan bayi anda merupakan masa-masa tumbuh kembang bayi yang menakjubkan. Dalam waktu sesingkat itu buah hati anda akan berubah dari bayi yang bergantung sepenuhnya pada anda menjadi anak kecil yang mulai berjalan, berbicara dan menunjukkan tanda-tanda awal kemandirian. Berikut ulasan singkat perawatan dan perkembangan bayi usia 1 bulan.

Gerak refleks bawaan lahir meliputi:

  • Mengisap - segera setelah lahir, bayi anda akan mulai mencari dan melekat pada payudara atau dot untuk makan.
  • Mengeluarkan makanan - refleks mengeluarkan objek dari kerongkongan untuk menghindarkan bayi dari tersedak.
  • Genggaman yang kuat - taruh jari anda dalam telapak tangannya dan rasakan cengkeramannya.
  • Refleks moro - pada saat terkejut bayi akan tersentak ditandai dengan merentangkan kedua tangannya dan membuka genggamannya (terutama jika tidak ada pegangan).
  • Naluri untuk melangkah - jika anda meletakkan kaki bayi pada permukaan solid sambil menopang tubuhnya, akan kelihatan bayi anda melangkah.

Meskipun bayi usia 1 bulan sudah bisa memutar kepala pada saat dalam posisi tengkurap, namun leher mereka belum cukup kuat untuk menopang kepala pada posisi tegak. Karenanya jangan lupa untuk menopang kepalanya dengan tangan sewaktu mengangkatnya.

Perkembangan indera penglihatan bayi 1 bulan

Pada beberapa hari pertamanya mata bayi akan lebih sering tertutup tapi segera matanya akan mulai lebih sering terbuka. Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak dekat sekitar 25cm. Yang berarti bayi anda bisa melihat wajah anda saat menyusui, bahkan akan lebih suka menatap wajah anda dibandingkan objek lainnya karena pada dasarnya bayi lebih tertarik dengan wajah manusia. Mereka juga lebih menyukai objek berbentuk bulat dengan gelap dan terang yang kontras serta memiliki garis luar yang tajam karena lebih mudah dilihat.

Matanya juga mungkin terlihat juling pada saat ia mencoba fokus pada objek. Ini merupakan hal yang normal karena syaraf pengontrol mata bayi belum sepenuhnya berkembang. Namun jika hal ini berlanjut sampai usia 3 atau 4 bulan segera berkonsultasi dengan dokter anak anda karena ini mungkin merupakan tanda mata juling dan harus ditangani dengan segera.
Perkembangan indera pendengaran

Walaupun pendengaran bayi belum berfungsi sempurna namun bayi baru lahir sudah bisa mengenali suara terutama suara sang bunda yang didengarnya tiap hari dalam kandungan. Mereka terutama bereaksi pada suara lembut berirama tinggi dengan ritme yang lambat menenangkan. Bayi juga memiliki kemampuan untuk memblokir suara-suara yang mengganggunya agar bisa memperoleh istirahat yang cukup dan melindungi diri dari penggunaan panca indera yang berlebihan. Namun, jika bayi anda sepertinya tidak merespon pada suara apapun konsultasikan dengan dokter anak anda.

Perkembangan indera perasa bayi usia 1 bulan

Seperti kebanyakan anak yang lebih besar, bayi lebih menyukai rasa manis. Tapi indera perasanya belum cukup matang untuk membedakan asam dan pahit. Sedangkan indera penciumannya sudah berkembang sempurna dan sudah bisa membedakan bau puting ibu dan bau asi dalam beberapa hari pertama kehidupannya.

Perawatan bayi 1 bulan : Memberi makan

Pada bulan pertama, bayi asix akan menyusu 8 sampai 12 kali sehari (setiap 2 atau 3 jam). Sedangkan bayi yang minum sufor biasanya hanya perlu minum susu 6 sampai 8 kali sehari. Pemberian susu bisa dilakukan atas dasar permintaan bayi (semau-maunya bayi) atau dijadwalkan tergantung metode mana yang lebih cocok buat ibu dan bayi. Pada saat lapar, bayi akan mencari-cari puting ibu atau menjadi rewel dan menggerakkan mulutnya ketika pipinya disentuh dengan jari. Bayi yang sudah cukup minum susu akan terlihat puas, mungkin tertidur dan ditandai dengan 4 sampai 6 popok basah sehari.

Perawatan bayi usia 1 bulan : Komunikasi

Bayi 1 bulan hanya punya satu cara berkomunikasi yaitu menangis. Mereka bisa menangis sampai tiga jam per hari namun biasanya akan semakin berkurang sejalan dengan waktu. Menangis merupakan cara bayi untuk mengatakan "Saya lapar", "Popok saya basah", atau "Saya capek". Otomatis sebagai orang tua anda akan mulai mengerti arti tangisan bayi anda dan menemukan cara terbaik untuk menenangkannya (seperti digendong atau dibedong). Bayi yang menangis terus dan tidak bisa ditenangkan mungkin mengalami kolik atau menandakan adanya masalah medis, konsultasikan dengan dokter jika anda tidak juga berhasil menghibur buah hati anda. Baca lebih lanjut tentang kenapa bayi rewel dan menangis terus? di Makna Tangisan Bayi: 22 Sebab Bayi Sering Menangis.

Perawatan bayi 1 bulan : Tidur

Pada beberapa minggu pertama bayi baru lahir akan tidur antara 15 -16 jam per hari. Waktu tidurnya kemungkinan tidak teratur karena bayi masih belum bisa membedakan siang dan malam. Siklus tidur mereka juga lebih singkat dan lebih gampang terbangun (dua atau tiga kali pada malam hari) pada minggu-minggu awal tersebut. Bantu buah hati anda menyesuaikan diri dengan membatasi aktivitasnya hanya pada siang hari dan menciptakan suasana hening, gelap dan membosankan pada malam hari. Pada akhirnya bayi anda akan mengerti bahwa siang hari adalah waktu bermain dan malam hari waktu untuk tidur.

Tips perawatan bayi 1 bulan:
Bulan pertama adalah tahap penyesuaian untuk orang tua dan tahap pengaturan untuk bayi baru lahir. Yang paling dibutuhkannya pada tahap ini adalah sentuhan anda yang mencintainya. Lakukan kontak kulit dengan bayi anda sebanyak mungkin misalnya dengan menggendong dan mengayunkan atau memijat bayi anda dengan lembut. Hal ini akan membuat bayi anda merasa nyaman dan disayangi.

Demikian ulasan singkat tumbuh kembang bayi 1 bulan. Selalu ingat bahwa tiap bayi adalah unik. Bayi anda bisa mencapai milestones nya lebih lambat atau lebih cepat. Jika anda kuatir dengan perkembangan bayi 1 bulan anda, silakan konsultasikan dengan dokter anak anda.

Link Iklan