Skip to main content

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Bulan ke-5 merupakan masa transisi bagi bayi anda di mana ia mulai mencoba berbicara (benar-benar berbicara) dan mengeksplorasi berbagai suara yang bisa ia buat. Berikut ulasan singkat pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan yang bisa anda harapkan dicapai buah hati anda.

Baca juga:

Pertumbuhan bayi 5 bulan: Kemampuan motorik kasar
Bayi usia 5 bulan sudah bisa duduk tegak untuk waktu yang lebih lama. Kebanyakan bayi menyukai posisi ini di mana ia bisa melihat tubuhnya dan hal menarik lainnya di sekitarnya. Anda mungkin masih harus menyangga bayi anda tapi biasanya ia sudah bisa duduk tanpa disangga selama beberapa saat.

Ada bayi yang sudah bisa berguling dari posisi telentang ke tengkurap di usia ini. Begitu ia sudah bisa berguling ia akan mencoba menggerakkan kakinya, mempersiapkan diri untuk kemampuan baru yang akan dicapainya beberapa bulan lagi yaitu merangkak dan bergerak maju. Jika ia sudah bisa berguling, jangan pernah meninggalkannya di ranjang atau permukaan tinggi lainnya di mana ia bisa berguling tanpa sadar sehingga terjatuh dan terluka.
Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan
Perkembangan bayi 5 bulan: Kemampuan motorik halus
Genggaman bayi 5 bulan semakin kuat. Ia bisa menarik benda ke dekatnya, menggenggamnya dan dengan ahlinya memindahkannya ke tangan yang lain. Ia bahkan mungkin bisa memegang botol atau gelas sendiri.

Pertumbuhan bayi usia 5 bulan: Tidur
Kebanyakan bayi umur 5 bulan bisa tidur sepanjang malam walaupun tidak semua. Memandikannya dengan air hangat kemudian menggendong atau mengayunkannya sambil bernyanyi atau bercerita akan membuatnya mengantuk.

Pada siang hari bayi masih membutuhkan dua kali tidur (pagi dan sore). Usahakan untuk tidak menunda tidurnya sampai ia terlalu capek atau rewel. Tidurkan bayi anda jika ia kelihatan mengantuk.

Perkembangan bayi usia 5 bulan: Indera
Penglihatan bayi 5 bulan terus berkembang. Pada tahap ini, bayi masih belum memiliki penglihatan 20/20, tapi ia bisa melihat dengan baik dari berbagai jarak dan kedua matanya sudah bisa fokus bersamaan tanpa juling. Ia juga sudah bisa membedakan berbagai warna tapi biasanya masih lebih menyukai warna primer seperti merah, biru dan kuning.

Tumbuh kembang bayi usia 5 bulan: Komunikasi
Bayi umur 5 bulan sudah mengetahui berbagai bunyi yang bisa ia buat dengan lidah dan bibirnya. Perhatikan suara bayi yang penuh kegembiraan yang disertai percikan busa. Ia mulai mengeluarkan suara celotehan yang terdiri dari huruf konsonan dan vokal seperti "ba-ba" atau bahkan mungkin "ma-ma" atau "da-da" (walaupun belum bisa mengasosiasikannya). Ia mengeksplorasi suara yang bisa ia buat dan mungkin mengulangnya terus menerus. Semua ini merupakan bentuk awal dari perkembangan bahasa dan komunikasinya, dan ia sedang berlatih.

Suara berharga lainnya yang sering dan ingin anda dengar terus adalah suara tertawa pertamanya. Dukung tumbuh kembang bayi 5 bulan anda dengan menciptakan waktu bergembira dan tertawa bersama bayi anda, coba gelitiki bayi anda, ikut tertawa dengan lelucon yang mungkin dibuatnya atau lakukan hal yang mungkin menggelikan bagi bayi anda dan mengundang tawanya.

Pada umur 5 bulan, bayi mulai mengerti suara yang didengarnya seperti gonggongan anjing atau suara mesin. Walaupun belum mengerti kata, ia mungkin merespon ketika namanya dipanggil.

Ia juga belajar cara memberi tahu anda apa yang dibutuhkannya lewat suara yang dibuatnya. Perhatikan dan coba bedakan suara yang dipakainya pada berbagai kondisi seperti saat ia lapar, capek atau ingin bermain.

Perkembangan bayi minggu ke minggu di usia lima bulan:
Minggu ke-18: Sinkronisasi suara dengan gerakan
Minggu ke-19: Lebih senang musik daripada percakapan
Minggu ke-20: Memahami jalur
Minggu ke-21: Mencocokkan suara dengan gerakan

Perawatan bayi usia 5 bulan: Pemberian makanan padat
Saat ini, banyak praktisi kesehatan anak sepakat bahwa waktu terbaik untuk memulai makanan padat pada bayi adalah di atas usia 6 bulan,bahkan sampai umur 9 bulan, sumber utama nutrisi bayi masih dari asi atau susu formula. Namun jika pada usia 5 bulan bayi anda kelihatan tertarik dengan makanan serta tidak cukup kenyang dengan pemberian asi atau susu formula saja maka anda bisa mempertimbangkan pemberian makanan padat. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak anda sebelum memulai pemberian makanan padat di usia ini.

Beberapa tanda bayi sudah siap menerima makanan padat:

  • Memperlihatkan tanda-tanda tertarik dengan makanan misalnya memperhatikan makanan anda, menyentuhnya, mengambil, dan memasukkan makanan dari piring anda ke mulutnya.
  • Bayi sudah bisa menopang kepalanya dengan baik.
  • Kemampuan koordinasi bibir bawah untuk menyedot makanan dari sendok.
  • Usus bayi sudah cukup matang untuk mencerna makanan padat atau sudah memproduksi enzim pencernaan tertentu.
  • Bayi harus belajar menelan dengan cara mendorong makanan padat ke belakang mulut.

Makanan padat pertama yang anda berikan untuk mendukung tumbuh kembang bayi usia 5 bulan sebaiknya berupa makanan yang mudah dicerna dan rasanya sudah akrab di lidah bayi seperti sereal, bubur beras atau gandum yang dicampur dengan asi atau sufor. Pure pisang, labu, ubi, pir, saus apel dan wortel juga bisa menjadi pilihan makanan padat pertama bayi anda.

Perhatikan reaksi bayi anda terhadap makanannya. Jika ia menolak dan melepehkannya kemungkinan ia belum siap menerima makanan padat. Tunggu beberapa hari sebelum memulai pemberian makanan padat kembali.

Tips pengasuhan dan perawatan bayi usia 5 bulan

  • Bayi menyukai musik. Mainkan segala jenis lagu mulai dari klasik, jazz sampai pop. Bayi anda akan girang, tersenyum dan bahkan mungkin berceloteh.
  • Berikan bayi anda mainan warna warni yang simple seperti balok lunak atau giring-giring. Sebutkan nama benda yang anda berikan untuk mengajari bayi anda kosakata baru.
  • Pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 5 bulan berlangsung cepat, tidak lama lagi ia akan bergerak makin jauh. Jika anda belum mengamankan rumah anda, lakukan sesegera mungkin. Tutup colokan listrik, taruh produk pembersih dan barang berbahaya lainnya di tempat yang jauh dari jangkauan bayi. Jangan meninggalkan minuman panas, setrikaan,dsbnya di tempat yang bisa dijangkau bayi anda.

Link Iklan