Skip to main content

Pertumbuhan, Perkembangan dan Perawatan Bayi Usia 2 Bulan

Buah hati anda sekarang sudah berumur 2 bulan dan bukan merupakan bayi baru lahir lagi. Memasuki bulan ke-2 anda mengasuh bayi anda dan mengamati perkembangan bayi minggu ke minggu, anda akan mulai memahami kepribadian bayi anda. Anda belajar apa yang disukai dan tidak disukai bayi, juga apa yang membuat bayi anda menangis misalnya karena lapar, mengantuk atau popok basah.

Berikut ulasan singkat pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 2 bulan yang bisa anda harapkan terjadi pada bayi anda. Baca juga mengenai:

Pertumbuhan bayi 2 bulan: Kemampuan motorik

Bayi usia 2 bulan umumnya sudah lebih kuat untuk menopang kepalanya (walaupun masih terhuyung) dan bisa mengangkat kepalanya setinggi 45 derajat pada saat ditengkurapkan atau ditegakkan badannya.

Refleks mengisap bayi berlanjut di bulan ke-2 pertumbuhannya. Mereka juga senang mengisap jempol atau jari lainnya yang merupakan salah satu cara mereka untuk menghibur diri.

Tumbuh kembang bayi 2 bulan belum memiliki koordinasi yang dibutuhkan untuk bermain dengan mainan. Tapi dibandingkan bulan lalu bayi anda mungkin mulai lebih memperhatikan objek warna-warni yang digantungkan di depannya. Ia bahkan mungkin mencoba meraih objek tersebut atau memegang sebentar mainan yang ditempatkan ke tangannya. Ia juga sudah mulai menyibukkan diri dengan ibu jari.
Pertumbuhan, Perkembangan dan Perawatan Bayi Usia 2 Bulan
Perkembangan bayi umur 2 bulan: Tidur

Perkembangan pola tidur bayi usia 2 bulan masih belum terbentuk sepenuhnya dan akan terus berkembang. Umumnya bayi 2 bulan butuh tidur 15 - 16 jam per hari yang terbagi dalam beberapa sesi tidur. Bayi asix biasanya terbangun setiap 2 atau 3 jam untuk menyusui.

Bertahanlah untuk beberapa minggu lagi dan anda akan bisa beristirahat lebih banyak seiring dengan pertumbuhan bayi 2 bulan anda. Anda bahkan mungkin bisa tidur sepanjang malam dengan membantu bayi anda belajar tidur sendiri. Taruhlah bayi anda di tempat tidurnya pada saat ia terlihat mengantuk.

Pengasuhan dan perawatan bayi 2 bulan dalam hal tidur, bayi sebaiknya dibiarkan tidur telentang untuk mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Hindari juga menaruh objek-objek di ranjang termasuk bantal, selimut, dll.

Tumbuh kembang bayi usia 2 bulan: Tengkurap

Di akhir bulan, bayi mungkin sudah cukup kuat untuk menahan kepalanya sebentar untuk mengamati sekitarnya. Pertumbuhan bayi usia 2 bulan berjalan setahap demi setahap. Dengan membentuk leher yang kuat, bayi bisa menopang kepalanya. Kemudian saat ditengkurapkan, ia akan mencoba mengangkat badannya dengan mendorong tangannya yang akan memperkuat otot tubuh bagian atas dan punggung. Otot-otot ini akan membantunya duduk, bergerak dan menarik diri untuk berdiri suatu saat nanti.

Untuk mendukung perkembangan bayi umur 2 bulan, temani buah hati anda pada saat tengkurap. Berbicaralah padanya agar ia tahu anda menemaninya dan mendukung perkembangannya. Agar waktu tengkurap menjadi lebih menarik untuknya anda juga bisa mencoba meletakkannya di atas karpet warna-warni dengan tekstur yang menarik atau yang bisa memainkan suara musik

Anda bisa menelungkupkan bayi anda pada saat bayi sedang terjaga dan tertarik untuk bermain. Membiasakan bayi tengkurap akan membantu memperkuat otot leher untuk menopang kepalanya.

Pertumbuhan bayi usia 2 bulan: Indera

Perkembangan indera penglihatan bayi usia 2 bulan juga terus berlanjut. Sekarang ia sudah bisa melihat objek dari jarak sekitar 18 inci. Bayi anda bisa melihat anda dengan cukup jelas pada saat menyusui. Juga bayi anda seharusnya bisa mengikuti gerakan anda pada saat anda mendekat.

Sering kali pada akhir bulan ke-2, bayi sudah bisa melihat lebih jauh dan menyukai pemandangan menarik seperti air, binatang, anak-anak lain serta objek menarik lainnya. Ia akan senang digendong dengan posisi tegak menghadap keluar. Menempatkan bayi di bouncer merupakan posisi yang aman baginya untuk menikmati pemandangan yang mengasyikkan di hadapannya.

Pendengaran buah hati anda juga terus berkembang. Bayi anda terutama akan sangat menikmati mendengarkan suara anda.
Perkembangan bayi usia 2 bulan dalam hal bahasa

Di bulan ini bayi juga mengalami perkembangan dalam hal bahasa. Ia aktif mendengarkan apa yang anda ceritakan kepadanya, memperhatikan mulut Anda dan mempelajari bagaimana lidah Anda bergerak.

Bayi akan mulai membuat berbagai suara biasanya diawali dengan huruf vokal seperti eh, oh, ah atau uh. Ia akan mendengarkan suaranya sendiri dan terus berlatih menggerakkan lidahnya untuk mengulang suara. Terus berbicara dengannya dengan cara mengulang suara yang ia buat. Biarkan bayi anda menjawab anda. Ikuti gerakan matanya untuk melihat apakah ia sedang mengamati sesuatu. Ia mungkin berbicara tentang suatu objek atau seseorang. Apapun itu, ia sedang berbicara dengan anda dan pasti senang dengan perhatian penuh cinta dari anda.

Pertumbuhan bayi 2 bulan: Komunikasi

Cara utama bayi usia 2 bulan untuk berkomunikasi masih melalui tangisan. Baca 22 Sebab Bayi Sering Menangis untuk mempelajari lebih jauh mengenai kenapa bayi rewel terus. Tapi anda mungkin bisa mendengar sedikit degukan, jeritan, gerutu dan bahkan celoteh manja. Bayi anda harusnya sudah mengenal wajah dan suara anda dan meresponnya. Anda bahkan mungkin bisa melihat senyum pertamanya (senyum tanpa gigi dengan gusi yang bersinar) yang menawan hati.

Salah satu hal terpenting yang bisa anda lakukan saat ini untuk mendukung pertumbuhan bayi usia 2 bulan adalah berbicara pada buah hati anda. Bicarakan hal yang sedang anda lakukan. Walaupun ia tidak bisa menjawabnya, ia akan bereaksi pada suara anda. Hal ini akan mendorong mereka untuk mulai membentuk kata pertamanya di bulan-bulan mendatang.

Perkembangan bayi minggu ke minggu

Berikut perkembangan bayi dari minggu ke minggu di bulan ke-2 nya
Minggu ke-5: Menangis untuk mendapatkan perhatian anda
Minggu ke-6: Mengenali pola
Minggu ke-7: Kombinasi penggunaan indera
Minggu ke-8: Memperlihatkan emosi

Tips perawatan bayi 2 bulan

Beberapa bulan pertama kehidupan bayi merupakan masa-masa mengasyikkan sekaligus mengkhawatirkan bagi orang tua baru. Jangan takut untuk meminta saran perawatan dan tumbuh kembang bayi 2 bulan baik ke dokter anak, keluarga maupun teman jika anda membutuhkan. Baca juga mengenai Tips Membeli Baju Bayi dan Pakaian Anak secara Online.

Sentuhan sangatlah penting di bulan-bulan awal bayi anda. Perawatan bayi 2 bulan bisa dimulai dengan meluangkan waktu untuk memijatnya, memegang, memeluk dan mengayunkannya dalam pangkuan anda.

Kebanyakan bayi usia 2 bulan senang digendong menghadap depan di mana ia bisa merasakan tubuh orang tuanya yang hangat dan lembut. Ada pula yang hanya mau digendong menghadap dalam meringkuk ke dada di mana ia bisa mendengar detak jantung orang tuanya.

Untuk perawatan bayi 2 bulan dalam hal kemampuan motorik, bayi sebaiknya tidak dibiarkan duduk atau tidur di car seat, stroller atau bouncer sepanjang hari. Selingi kegiatan ini dengan waktu tengkurap dan kegiatan lainnya agar ia bisa bergerak pada berbagai posisi berbeda dan menggunakan serta mempersiapkan otot-otot yang dibutuhkan untuk berguling, merangkak dan berjalan di masa mendatang.

Jika buah hati anda menangis, cobalah berbagai teknik menenangkan bayi. Ada bayi yang bereaksi pada musik lembut atau nyanyian. Ada juga yang menjadi tenang saat mendengar bunyi tertentu seperti penyedot debu atau kipas angin. Coba bereksperimen yang mana yang berhasil untuk bayi anda.

Terkait dengan perkembangan dan perawatan bayi usia 2 bulan, selalu ingat bahwa setiap bayi adalah unik. Setiap bayi berkembang pada waktunya sendiri. Ada yang lebih cepat mencapai milestone tertentu ada pula yang lebih lambat. Konsultasikan dengan dokter anak anda jika anda kuatir dengan tumbuh kembang bayi usia 2 bulan anda.