Skip to main content

Fase Perkembangan Janin Bayi dalam Rahim Ibu Usia 1, 2, 3 Bulan

Berikut fase perkembangan janin dalam rahim ibu usia 1, 2, 3 bulan dan berbagai perubahan fisik yang akan anda alami selama masa kehamilan pada trimester pertama.

Baca juga:

Inilah perkembangan bayi dalam rahim ibu dari minggu ke minggu pada trimester pertama:

Pertumbuhan bayi dalam rahim usia 2 minggu
Pembuahan terjadi sekitar dua minggu setelah awal mulainya masa haid. Walaupun masa periode dua minggu selama dan sesudah menstruasi tersebut tetap dihitung sebagai bagian dari masa kehamilan 40 minggu, anda belum benar-benar hamil saat ini, namun dokter akan menghitung Hari Perkiraan Lahir atau HPL berdasarkan hari pertama menstruasi terakhir.

Penyatuan sperma dan telur akan membentuk satu sel tunggal kecil (zygote). Kromosom dalam zygote menentukan jenis kelamin, warna mata dan rambut, tinggi dan figur. Setelah pembuahan terjadi, zygote akan mulai bergerak melalui saluran telur ke kandungan rahim. Zygote kecil anda sekarang disebut blastocyte. Pada saat blastocyte mencapai rahim ia akan menempelkan dirinya ke dinding rahim (kadang antara hari ke-7 dan ke-9 setelah penghamilan dan plasenta mulai terbentuk.

Perkembangan janin usia 3 minggu
Pada saat ini anak anda secara resmi menjadi janin dalam rahim dengan otak, tulang belakang dan organ tubuh yang terus berkembang. Sebelum setengah masa dari trimester pertama, jantung dan sistem peredaran darah bayi anda sudah akan berkembang dengan cepat. Anda belum bisa mendengar suara detak jantungnya tapi dokter anda mungkin melihat tanda awal detak jantung saat USG. Begitu sistem peredaran darah bayi sudah sempurna, jantungnya akan berdetak dan organ tubuh pertamanya akan mulai berfungsi.

Perkembangan janin bayi 6 minggu / 1 bulan
Memasuki minggu ke-6 perkembangan bayi dalam rahim ibu, ukuran bayi anda sekitar 0,8 inci dan pembuluh syaraf untuk otak dan punggungnya hampir menutup. Jantung berdetak dan figur dasar wajah bayi mulai terbentuk termasuk mulut dan telinga. Jaringan tulang rusuk dan otot mulai berkembang begitu pula "pucuk" di mana tangan dan kaki akan bertumbuh sudah ada. Tengkoraknya belum solid namun semua pembuluh dan saluran yang dibutuhkan untuk mengedarkan cairan sumsum tulang belakang sudah terbentuk.

Perkembangan janin 8 minggu
Pada minggu ke-8, jari tangan dan kaki sudah kelihatan walaupun masih menyatu satu sama lain. Tulang sendi (siku, pergelangan kaki dan tangan), telinga, bibir, hidung dan kelopak mata bertambah nyata.

Pertumbuhan bayi dalam rahim 9 minggu / 2 bulan
Pada minggu ke-9 perkembangan bayi dalam rahim, ukuran bayi anda hanya sekitar satu inci. "Ekor" janin di ujung tulang belakang menyusut dengan cepat membentuk puting, organ reproduksi dan kantung rambut. Organ tubuh seperti pankreas dan gallbladder juga sudah berkembang.

Perkembangan janin 12 minggu
Mendekati akhir trimester pertama perkembangan bayi dalam rahim ibu, organ-organ vital bayi sudah berkembang, ekor janin dan selaput di antara jari tangan dan kakinya juga sudah hilang. Tulangnya sudah terbentuk dan syaraf otaknya tersembul. Kelopak mata dan telinga bagian luar terbentuk dan "tunas gigi" nya mulai tumbuh. Bagian kelamin mulai terlihat dan plasenta anda sedang bekerja keras untuk memasok nutrisi untuk pertumbuhannya selama trimester kedua dan ketiga.

Perkembangan janin 13 minggu / 3 bulan
Pada akhir trimester pertama, bayi Anda akan berukuran sekitar tiga inci dan berbobot kurang dari satu ons. Ia juga sudah memiliki kuku dan wajah yang lebih nyata.

Memilih dokter kandungan
Jika anda merasa bahwa anda mungkin hamil, sebaiknya anda segera mulai mencari dan memilih dokter kandungan atau bidan serta tempat bersalin yang akan membantu kelahiran anak anda. Menemukan dokter kandungan atau bidan terbaik tidaklah mudah. Anda bisa meminta referensi dari teman yang memiliki anak. Tanyakan berbagai informasi yang perlu anda ketahui kepadanya agar bisa mengambil keputusan yang tepat. Sebisanya cobalah berkonsultasi dengan setidaknya tiga dokter agar anda yakin telah memilih dokter kandungan terbaik sesuai dengan gaya dan preferensi anda.

Menentukan Hari Perkiraan Lahir HPL
Dokter akan menentukan HPL tapi jika anda ingin menghitungnya hari perkiraan lahir HPL sendiri anda bisa menggunakan perhitungan berikut:
Tambahkan tujuh hari ke tanggal hari pertama haid terakhir Anda lalu hitung maju sembilan bulan. Jika rata-rata periode haid anda kurang atau lebih dari 28 hari, tambahkan atau kurangi hari ini untuk mendapatkan HPL yang lebih akurat. Kurang dari 5% bayi lahir pada hari perkiraan lahir. Satu dari lima kehamilan berakhir dengan keguguran dan ini umumnya terjadi sebelum detak jantung bayi terdeteksi. Sekitar satu dari delapan bayi lahir prematur.

Kunjungan ke dokter kandungan
Setelah anda mengetahui HPL bayi, pastikan untuk memperoleh segala informasi yang anda butuhkan pada saat kunjungan ke dokter. Bicarakan mengenai diet, olahraga dan riwayat medis keluarga yang menurut anda berkaitan dengan perkembangan bayi dalam rahim anda. Jalani hidup sehat, makan dengan benar, olahraga teratur, minum vitamin prenatal anda dan rubah gaya hidup yang tidak sehat untuk mendukung pertumbuhan janin bayi dalam rahim.

Pada akhir trimester, dokter anda mungkin meminta pemeriksaan darah untuk menentukan risiko bayi dengan down syndrome, kerusakan pembuluh syaraf atau trisomy 18. Jika ada masalah pada hasil pemeriksaan darah, dokter anda akan bisa memberikan berbagai opsi dan perawatan yang diperlukan. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal tersebut dan tetaplah bersikap tenang. Dokter akan merujuk anda ke dokter spesialis jika dibutuhkan.

Demikian berbagai fase perkembangan janin bayi dalam rahim ibu usia 3 bulan yang akan anda lalui bersama bayi anda di trimester pertama kehamilan anda. Baca juga Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua Usia 4, 5, 6 Bulan dan Perkembangan Janin Trimester Ketiga Usia 7, 8, 9 Bulan.