Skip to main content

Perkembangan Janin Trimester Ketiga Usia 7, 8, 9 Bulan

Tidak terasa anda sudah memasuki trimester terakhir dari kehamilan anda. Perkembangan bayi dalam kandungan anda akan semakin pesat di trimester ini. Berat badan maupun panjang tubuhnya juga akan bertambah dengan cepat sekarang. Berikut penjelasan singkat perkembangan janin trimester ketiga dari minggu ke minggu.

Perkembangan Janin Usia 7, 8, 9 Bulan

Baca juga: Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua Usia 4, 5, 6 Bulan dan Fase Perkembangan Janin Bayi dalam Rahim Ibu Usia 1, 2, 3 Bulan.

Perkembangan janin 7 bulan

Perkembangan janin 29 minggu
Dengan berat sekitar 1,2 kg dan panjang 37 cm, bayi 7 bulan dalam kandungan akan makin memenuhi keseluruhan ruang di perut anda. Ukuran kepala mulai proporsional dengan tubuhnya. Dahi dan alis matanya sudah bertumbuh sempurna. Bulu halus di badannya juga terus tumbuh.

Perkembangan janin 30 minggu
Dengan panjang sekitar 38 cm dan berat sekitar 1,4 kg, bayi 7 bulan dalam kandungan sudah bisa membuka dan menutup matanya sekarang. Sekali terlelap ia bisa tidur sekitar 20 sampai 30 menit. Ia juga lebih atletis sekarang dan beberapa tendangannya mungkin membuat anda berhenti bernafas. Tulangnya masih lentur tapi akan semakin kuat setiap harinya. Ia sudah pintar menyamankan dirinya dalam kandungan anda di usia ini. Sejalan dengan perkembangan janin 30 minggu, anda mungkin mulai merasa tidak nyaman di area panggul dan perut.

Perkembangan janin 31 minggu
Hampir semua organ tubuh bayi anda sudah berkembang sempurna saat ini, kecuali sebagian kecil paru-parunya. Latihan bernafas sudah dilakukan sejak di dalam rahim untuk mempersiapkan bayi anda menghadapi dunia luar. Anda mungkin merasakan sentakan kecil jika bayi anda cegugukan selama proses berlatih bernafas ini. Syaraf otaknya juga terus berkembang dengan pesat dan bayi anda sudah bisa memproses informasi dengan cepat sekarang. Seiring dengan perkembangan janin usia 7 bulan, beratnya sekarang mencapai 1,6 kg dengan panjang 40 cm.

Perkembangan janin 32 minggu
Pertumbuhan janin trimester ketiga di minggu ke-32, berat bayi antara 1,8 kg dengan panjang tubuh 42 cm. Lapisan rambut (lanugo) pelindung bayi mulai menghilang dan paru-parunya sudah hampir berkembang sempurna. Pupil matanya sudah berfungsi dan akan mengenyit dan melebar pada saat terekspos dengan cahaya maupun kegelapan. Selain itu, perkembangan janin 32 minggu juga mencakup berat badan yang bertambah semakin cepat karena ia terus menambah lemak di tubuhnya untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan dan dunia luar. Bayi yang lahir pada tahap kehamilan ini akan bisa bertahan hidup namun kemungkinan besar harus dirawat dalam inkubator.

Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Perkembangan janin usia 8 bulan

Perkembangan janin 33 minggu
Pada perkembangan janin 33 minggu, jari jemari bayi mulai terbentuk dengan sempurna. Ukuran janin sekarang mencapai 43 cm dengan berat 2 kg.

Perkembangan janin 34 minggu
Bobot bayi 8 bulan dalam kandungan anda semakin bertambah mencapai 2,2 kg dengan panjang sekitar 44 cm. Dahi dan bulu matanya sudah berkembang sempurna dan matanya sudah pintar berkedip-kedip. Jika bayi anda laki-laki, testiskalnya mulai terbentuk dengan sempurna di minggu ke-34 perkembangan janin anda ini.

Perkembangan janin 35 minggu
Bayi terus bertumbuh dan menempati hampir seluruh ruang di rahim anda. Gerakannya semakin berkurang karena ruang gerak yang terbatas. Perkembangan berat badan janin 35 minggu mencapai sekitar 2.4 kg dan panjangnya 45 cm. Pada periode ini fungsi paru-paru bayi sudah matang.

Perkembangan janin 36 minggu
Pada kehamilan ke-36 minggu anda, berat badan bayi 8 bulan dalam kandungan anda mencapai sekitar 2,5 kilogram dengan panjang sekitar 46 cm, dan ia mulai belajar mengisap dan menelan untuk mempersiapkan diri menyusui setelah lahir. Anda mungkin mulai merasakan kontraksi palsu sekarang! Jika persalinan anda tepat waktu, bayi anda mungkin akan berputar ke posisi persalinan "kepala di bawah" pada minggu ke-36 perkembangan janin ini. Jika anda melahirkan dalam beberapa minggu ke depan, maka usia kehamilan anda termasuk kategori rata-rata. Sejalan dengan pertambahan usia kandungan anda dari minggu ke minggu, berat badan bayi anda akan terus bertambah dalam rahim dan tubuhnya juga semakin kuat. Ruang geraknya dalam rahim juga semakin terbatas sejalan dengan perkembangan janin usia 8 bulan, di mana ukuran tubuhnya makin bertambah, sehingga aktivitas dan tendangannya juga akan semakin berkurang.

Perkembangan janin usia 9 bulan

Perkembangan janin 37 minggu
Bulu pada badan bayi 9 bulan dalam kandungan anda mulai berkurang. Bayi mulai mengeluarkan hormon yang dinamakan cortisone yang membantu mematangkan organ pernafasan. Panjang bayi mencapai 7 cm dan berat 3 kg. Pada periode ini bayi sudah siap lahir karena organ tubuhnya sudah matang dan bisa bekerja sendiri.

Perkembangan janin 38 minggu
Pada minggu ke-38, jika anda belum melahirkan berat badan bayi anda akan mencapai sekitar 3,1 kg dengan panjang 48 cm. Rambutnya semakin panjang mencapai 5 cm. Begitu juga kukunya. Kulitnya juga sudah mulai berwarna sedikit merah jambu. Tahukah anda otak dan sistem syaraf bayi anda akan terus berkembang, dan terus berkembang pada masa kanak-kanak dan bahkan hingga dewasa? Sekarang setelah bayi 9 bulan dalam kandungan anda sudah menyimpan lemak yang cukup di tubuhnya, suhu tubuhnya akan bisa bertahan stabil pada saat ia lahir. Dan antibodi yang ia terima melalui plasenta anda akan membantunya melewati beberapa bulan awal kehidupannya dalam kondisi kesehatan yang baik.

Perkembangan janin 39 minggu
Pertumbuhan bayi sudah sempurna. Beratnya sekarang mencapai 3,2 kg dengan panjang 49 cm. Di minggu ke-39 perkembangan janin 9 bulan ini, anda harus siap siaga karena setiap saat bisa melahirkan.

Perkembangan janin 40 minggu
Pada minggu ke-40, jika anda belum melahirkan, berat badan bayi 9 bulan dalam kandungan anda mungkin sudah mencapai sekitar 3,3 kg dan panjang kira-kira 50 cm. Jangan terlalu kuatir apabila anda melewati Hari Perkiraan Lahir. Hanya sekitar 5% dari wanita hamil yang melahirkan tepat pada HPL nya dan dokter anda kemungkinan belum akan merekomendasikan induksi atau caesar seminggu atau dua minggu lagi kecuali jika anda atau bayi berada dalam kondisi yang berbahaya.

Demikian penjelasan singkat perkembangan janin trimester ketiga usia 7, 8, 9 bualan. Pelajari lebih lanjut mengenai perkembangan bayi setelah lahir di bulan-bulan pertama kehidupannya: Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Bayi Bulan ke Bulan dan Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan.