• Posisi dan Teknik Menyusui Bayi yang Benar

    Menyusui merupakan proses alamiah, namun tidak berarti penyusuan akan terjadi otomatis dengan menempatkan ibu yang menyusui dan bayi yang lapar bersama. Untuk ibu yang baru memiliki atau menyusui anak pertama kali, ada keterampilan termasuk teknik dan posisi menyusui yang benar yang harus dipelajari dan diterapkan untuk memastikan sang ibu dan bayi mendapatkan pengalaman menyusui yang menyenangkan. Teknik dan posisi yang salah pada saat menyusui merupakan salah satu penyebab terbesar dari kegagalan dalam menyusui dan hal ini bahkan bisa menimbulkan luka lecet pada puting atau payudara.
  • Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Benar

    Selamat bayi bunda sudah lahir! Memiliki bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah dan ibu yang memutuskan untuk memberikan ASI mungkin akan merasa hal tersebut lebih sulit lagi. Namun, menyusui merupakan pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, dan akan cukup mudah dijalankan begitu bunda mulai menguasainya. Seperti pepatah dari barat “Practice make perfect!”, menyusui mungkin merupakan hal baru bagi bunda dan si kecil namun dengan melakukannya terus menerus, bunda dan bayi akan menjadi ahli dalam menyusui dalam waktu tidak diduga-duga!
  • Pengertian dan Manfaat ASI Eksklusif bagi Bayi

    ASI eksklusif adalah cara yang paling efektif untuk menjamin kesehatan bayi namun masih banyak bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupannya. Ada banyak hal yang bisa membuat seorang ibu gagal dalam memberikan ASI eksklusif kepada bayinya seperti anggota keluarga dan dokter yang tidak mendukung, ketakutan ibu untuk menyusui, kurangnya pengetahuan dan kesalahpahaman akan istilah ‘eksklusif’. Temukan informasi seputar pengertian asi eksklusif beserta manfaat dan pentingnya ASI eksklusif untuk bayi di artikel berikut ini.
  • Manfaat ASI bagi Bayi dan Ibu

    Segera sesudah bunda melahirkan, menyusui merupakan salah satu hal terpenting yang bisa bunda lakukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan bayi bunda. Baca berbagai kelebihan dan manfaat ASI bagi bayi dan ibu di artikel berikut ini. Fungsi ASI Ada banyak sekali manfaat dan kebaikan susu ibu yang akan didapatkan bayi dengan memberikan ASI kepadanya. Fungsi ASI di antaranya meningkatkan kemampuan tubuh bayi untuk melawan sakit penyakit bayi, baik penyakit infeksi maupun non infeksi, mengoptimalkan pertumbuhan bayi, memaksimalkan perkembangan otak sehingga meningkatkan kecerdasan intelektual anak serta mempererat hubungan ibu dan bayi yang membantu membentuk kecerdasan emosional anak .
  • Komposisi ASI: Kandungan Zat Gizi/Nutrisi dalam ASI

    Sama seperti darah, air susu ibu merupakan senyawa hidup. ASI bukanlah cairan tubuh yang bersifat konsisten. ASI merupakan sekresi dari kelenjar susu dan komposisi ASI terus menerus berubah yang dipengaruhi oleh pola makan ibu selama kehamilan, tingkat nutrisi ibu, dan interaksi dengan bayi. Setiap ibu menghasilkan susu dengan kandungan nutrisi yang berbeda seperti halnya setiap bayi membutuhkan air susu yang berbeda sesuai dengan yang dihasilkan ibunya. Dengan kata lain, ASI memiliki kekhususan biologis yang terformulasikan secara unik di dalam tubuh ibu sesuai dengan tahapan perkembangan bayi untuk memastikan pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pertumbuhan otak bayi.
  • Pengertian ASI: Manfaat Kolostrum, Warna dan Rasa ASI

    Makanan pertama bayi adalah ASI. Pemberian ASI kepada bayi akan mendatangkan manfaat yang sangat besar, begitu besar hingga seharusnya menjadi prioritas ibu dengan bayi yang baru lahir. Baca selengkapnya mengenai pengertian ASI, tahapan ASI mulai dari susu kolostrum ibu hingga susu depan/susu belakang, warna dan rasa ASI di dalam artikel berikut ini. Baca juga Jadwal Umum Pemberian Makan Bayi Usia 1 hingga 12 Bulan. (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).
loading...