Bulan demi bulan, bayi terus berubah, berkembang dan belajar menangani keahlian-keahlian baru setiap harinya. Mulai dari memiringkan badan, berceloteh, berguling, telungkup, duduk, berjalan hingga berbicara. Semua tahap perkembangan ini tentunya akan lebih mudah dilalui buah hati ayah bunda jika si kecil mendapatkan perawatan, gizi dan pengasuhan yang memadai. Temukan berbagai informasi dan tips seputar perawatan kesehatan bayi dan panduan dalam mengasuh dan mendidik anak di situs ini.

Perawatan Kesehatan Bayi

Secara garis besar pertumbuhan dan perkembangan bayi bisa dibedakan menjadi tiga yaitu:

  • Fisikal - meliputi pertumbuhan dalam ukuran fisik dan fungsi tubuh (motorik kasar: mengontrol kepala, duduk, merangkak dan berjalan; dan motorik halus: ketrampilan jari dan tangan) .
  • Intelektual - meliputi kepandaian komunikasi, ketrampilan bahasa, bermain, berpikir dan memecahkan masalah.
  • Emosional - meliputi kemampuan membentuk ikatan batin, berkasih sayang, menangani kegelisahan dan mengontrol emosi.

Tahapan perkembangan sang buah hati umumnya akan sangat dipengaruhi oleh jenis kelamin, faktor genetik, lingkungan dan temperamen. Namun, tetap harus diingat semua anak punya potensinya masing-masing. Seperti halnya kepingan salju dan sidik jari, setiap anak unik dengan caranya sendiri. Ada yang tinggi langsing, ada yang pendek gemuk, ada pula yang di antara keduanya. Ada yang pemalu ada yang supel, ada yang aktif dan ada yang tenang, ada yang rewel ada pula yang santai. Masing-masing terlihat, bertindak bahkan tumbuh secara berbeda. Seberapa baik si anak bisa memenuhi potensinya dan merangkul keunikannya akan banyak tergantung pada pola pengasuhan bayi dan kepekaan ayah bunda sebagai orangtua dan pengasuhnya.

Untuk itu, ayah bunda akan membutuhkan pelatihan dan pembelajaran terus menerus karena tidak ada orangtua yang sempurna dan tidak ada anak yang sempurna. Terlebih lagi tidak ada metode ataupun cara terbaik untuk menjadi orangtua bagi sang buah hati. Ayah Bunda akan melakukan kesalahan sepanjang perjalanan sebagai orangtua. Triknya adalah belajar dari kesalahan (baik kesalahan sendiri maupun orang lain) sehingga bisa menjadi orangtua yang mendekati sempurna, memahami dan mencukupi kebutuhan sang buah hati serta memberikan perawatan kesehatan dan pengasuhan dengan lebih baik hari lepas hari.

Selain itu, insting ayah bunda sebagai orangtua adalah sumber pembelajaran paling berharga. Percayai insting ayah bunda. Orang yang memberikan nasihat pada ayah bunda (dengan maksud baik) tidak akan memahami anak ayah bunda sebaik ayah bunda sendiri. Mereka tidak bersama dengan anak ayah bunda sepanjang hari, melihatnya bertumbuh, belajar, bereksplorasi, bermain, makan dan tidur. Ayah bunda lah yang paling tahu apa yang terbaik untuk si kecil, dan tahu cara pengasuhan bayi yang bisa berhasil dengan baik untuk keluarga maupun gaya hidup ayah bunda.

Dengan mengikuti insting ayah bunda sebagai orangtua, beragam cara perawatan kesehatan bayi dan pengasuhan anak yang ayah bunda terapkan akan bisa menjadi rutinitas menyenangkan baik bagi ayah bunda dan sang buah hati. Temukan berbagai tips, panduan dan informasi seputar perkembangan janin, perkembangan bayi bulan ke bulan, menyusui bayi, penyakit bayi, perlengkapan bayi, tumbuh kembang anak, kesehatan anak, pendidikan anak serta tips dan panduan perawatan bayi untuk membentuk buah hati yang cerdas dan bahagia di situs Bayiku.Org ini.