Memasuki usia 7 bulan, hari-hari ketika bunda bisa meninggalkan bayi di tengah-tengah lantai dan berharap menemukannya kembali di posisi yang sama lima menit kemudian akan segera berakhir.

Bayi tujuh bulan mulai belajar cara mengendalikan lingkungannya dan menemukan bahwa menjadi pengendali bisa menyenangkan. Bayi tujuh bulan sudah bisa melakukan banyak hal, mulai dari mengambil mainan favoritnya hingga merangkak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Bayi menjadi semakin mandiri dan kepribadiannya yang unik mulai terbentuk. Selama bulan ini dan bulan-bulan berikutnya, bunda akan mendapatkan banyak kesempatan untuk terus mendorong mobilitas, kreativitas dan keingintahuan si kecil, tentunya dengan cara yang aman.

Berikut milestone perkembangan bayi usia tujuh bulan yang bisa bunda nantikan dan stimulasi serta mainan yang bisa bunda berikan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Kemampuan motorik kasar
  2. Kemampuan motorik halus
  3. Tumbuh gigi
  4. Makan
  5. Komunikasi
  6. Mental / berpikir / nalar
  7. Berat bayi tujuh bulan
  8. Bayi prematur pada usia tujuh bulan
  9. Stimulasi bayi tujuh bulan

  10. Tips untuk bayi berusia tujuh bulan

  11. Bayi lengket dan rewel saat ditinggalkan

  12. Apakah bayi tumbuh normal?

1. Perkembangan bayi tujuh bulan: Kemampuan motorik kasar

Bayi tujuh bulan mulai belajar menjelajah berkeliling rumah, meskipun masing-masing bayi melakukannya dengan cara yang berbeda. Sebagian bayi mungkin sudah bisa merangkak sekarang dan sebagian lainnya baru mulai menguasai keahlian berguling kesana kemari. Ada pula bayi yang sudah cukup puas dengan hanya duduk-duduk dan memperhatikan sekelilingnya bergerak untuk saat ini.

Untuk memulai merangkak, bayi akan belajar membalik badannya terlebih dahulu. Begitu bayi sudah bisa berguling membalik badannya ke atas perutnya pada posisi tengkurap, ia mungkin mengadopsi pose lompat parasut di mana kepala, lengan dan kakinya terangkat dari atas lantai denga posisi merenggang keluar layaknya penerjun payung cilik yang turun ke daratan.

Selanjutnya, bayi mungkin mulai bergerak merayap di atas perutnya dengan gaya merangkak prajurit. Dari sini ia memasuki tahapan merangkak dengan belajar mengangkat badannya dengan tangan dan lututnya dan berayun-ayun maju dan mundur. Jika terlalu susah baginya, ia mungkin merangkak mundur terlebih dahulu sebelum akhirnya mengerti cara untuk merangkak maju!

Sebagian bayi melewatkan tahapan merayap ini dan langsung mendorong badannya ke atas dengan tangan dan kakinya dan berayun maju dan mundur dalam usaha dan persiapannya untuk merangkak. Jika lengannya lebih kuat dari kakinya, ia akan mulai dengan merangkak mundur - tidak ada yang perlu dicemaskan mengenai ini.

Pada umur tujuh bulan, bayi umumnya sudah bisa duduk tanpa ditopang (walaupun ada sebagian bayi tujuh bulan belum bisa duduk, jadi bunda tidak perlu terlalu kuatir tentang ini). Ia bahkan mungkin bisa duduk sendiri dari posisi telungkup, dengan mendorong kedua lengannya ke atas.

Karena sekarang bayi sudah bisa duduk tanpa ditopang - tangannya bisa bebas untuk berekplorasi dan meraih mainan serta mengambilnya - ia menjadi lebih mandiri pada waktu bermain dibandingkan bulan-bulan yang lalu.

Bayi tujuh bulan seharusnya sudah cukup kuat untuk berdiri menopang berat tubuhnya dengan kedua kakinya sambil memegangi bunda atau kursi. Ia akan senang dengan sensasi dari meletakkan berat badannya pada kakinya: pegang bayi di bawah ketiaknya dan lambungkan bayi ke atas dan ke bawah di atas lutut bunda atau di lantai selama ia menginginkannya atau selama lengan bunda kuat melakukannya. Latihan ini akan membantu menguatkan dan mempersiapkan otot kaki bayi untuk berjalan di tahapan berikutnya, dan membuatnya terbiasa dengan gagasan baru yang menakjubkan yaitu berdiri tegak. Sering-seringlah melatih keahlian baru ini. Baca juga Cara Mengajari dan Melatih Anak Berjalan.

2. Perkembangan bayi tujuh bulan: Kemampuan motorik halus

Kemampuan motorik halus bayi dan genggaman bayi menjadi semakin baik. Kemampuan motorik halus adalah gerakan kecil, seperti mengambil benda dengan ibu jari dan jari lainnya, atau menggunakan bibir dan lidah untuk mengecap dan merasakan objek. Sampai saat ini ia sudah menggunakan kedua tangannya untuk mengenggam mainan (atau rambut bunda, remote tv, kucing, dll).

Berikutnya bunda akan mulai lebih sering melihat si kecil mengunakan ibu jari dan telunjuknya - yang dikenal sebagai pincer grasp (genggaman jepit). Ini merupakan awal dari tahapan perkembangan kemampuan motorik halus bayi yang mengasyikkan yang akan memungkinkan bayi untuk memegang mainan dengan lebih baik, menyekop mainan dengan satu tangan, memindahkannya dari tangan yang satu ke tangan lainnya dengan mudah dan menjatuhkannya untuk dipungut oleh bunda…lagi…dan lagi.

Tak lama lagi ia akan menguasai gerakan bertepuk tangan, dan mungkin juga menunjukkan penghargaannya ketika bunda bernyanyi untuknya.

Dengan semua kemampuan barunya, si kecil akan semakin berisik! Tidak hanya berceloteh, namun ia juga sedang mencari tahu seberapa menyenangkannya membenturkan objek-objek satu sama lain.

Ia mungkin juga sudah mampu untuk memegang dan minum sendiri dari cangkir dengan dua pegangan di kanan kiri. Tapi ia mungkin membutuhkan sedikit bantuan dari bunda jika ia menjatuhkannya. Sekarang juga mungkin merupakan waktu yang tepat untuk mengajari si kecil cara minum dari gelas tanpa pegangan. Kemampuan untuk memegang dan meminum dari gelas, dan mungkin juga makan dari sendok, berarti bayi juga menjadi lebih mandiri pada waktu makan.

3. Perkembangan bayi tujuh bulan: Tumbuh gigi

Antara bulan kelima dan bulan ketujuh, bunda akan melihat akar gigi bayi berupa bintik-bintik putih mungil keluar menembus gusi bayi. Sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi pada usia sekitar enam bulan, meskipun bisa saja mulai tumbuh secepat-cepatnya di usia bayi tiga bulan atau usia bayi empat bulan, atau selambat-lambatnya dua belas bulan atau lebih.

Si kecil akan mengeluarkan lebih banyak air liur (ileran) dan lebih rewel dari biasanya karena sedang menyesuaikan dirinya dengan kemunculan gigi baru. Kain dingin bersih atau mainan atau gelang untuk digigit yang didinginkan terlebih dulu bisa membantu meredakan rasa sakit atau tidak nyaman pada gusi bayi.

Begitu beberapa gigi pertama mulai muncul, mulailah merawat gigi bayi dengan cara membersihkan gigi-gigi tersebut setiap hari dengan menggunakan sikat gigi bayi yang lembut dan air atau odol khusus anak yang bebas fluorida. Jangan menggunakan odol berfluorida dulu hingga anak cukup besar dan mengerti untuk tidak menelannya, kira-kira sekitar usia dua tahun ke atas. Juga, biasakan untuk memberikan air putih kepada si kecil sesudah makan atau minum susu.

Dua gigi depan di bagian bawah - yang disebut gigi seri tengah bawah - umumnya adalah dua gigi pertama yang muncul terlebih dulu, yang diikuti oleh dua gigi depan bagian atas. Sedangkan gigi samping baik atas maupun bawah akan terisi secara bertahap pada tiga hingga empat bulan ke depan.

Jangan terlalu kuatir jika bayi sudah berusia tujuh bulan namun belum tumbuh gigi. Pola pertumbuhan gigi susu bisa sangat bervariasi dari satu anak ke anak lainnya. Ada bayi yang bahkan dilahirkan dengan gigi, sedangkan bayi lainnya masih belum mulai tumbuh gigi hingga berusia lebih dari satu tahun.

Bunda juga tidak perlu terlalu cemas jika melihat ada celah di antara gigi bayi. Hal ini biasa disebabkan oleh gigi yang tumbuh menembus gusi pada sudut yang aneh. Celah pada gigi tersebut biasanya hilang setelah keduapuluh gigi susu bayi sudah tumbuh semua.

4. Perkembangan bayi tujuh bulan: Makan

Pada usia tujuh bulan, bayi sudah mulai bisa memakan makanan padat seperti bubur atau pure. Bunda juga bisa mengenalkan makanan yang lebih padat dibandingkan bubur/pure, seperti buah atau sayuran yang ditumbuk, secara bertahap.

Menambahkan makanan yang lebih padat ini akan membantu bayi menyesuaikan diri dengan tekstur baru dan belajar cara mengunyahnya. Makanan padat juga akan membantu memenuhi kebutuhan gizi yang meningkat pada masa pertumbuhan dan perkembangan bayi 7 bulan.

Selain makanan pendamping ASI, bayi masih membutuhkan ASI atau susu formula untuk menunjang tumbuh kembangnya. Jika memungkinkan, berikan lanjutkan pemberian ASI kepada bayi hingga bayi berusia 12 bulan atau hingga si kecil berusia dua tahun agar bayi bisa terus mendapatkan segala kebaikan dan manfaat dari ASI.

Untuk mencegah terjadinya masalah pencernaan pada bayi MPASI, kapan saja bunda mengenalkan makanan baru, tunggulah beberapa hari dulu sebelum memberikan makanan baru lainnya dan perhatikan jikalau si kecil menunjukkan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, mengi atau sesak napas.

5. Perkembangan bayi tujuh bulan: Komunikasi

Bayi tujuh bulan sudah mulai mengerti arti bahasa. Bayi sudah mulai merespon ketika bunda berkata “tidak”, walaupun bayi seusia ini belum tentu mengikuti perintah tersebut. Bayi juga seharusnya memberi respon - atau setidaknya membalikkan kepalanya - pada saat bunda memanggil namanya.

Di usia tujuh bulan, bayi menjadi ahli dalam hal komunikasi nonverbal. Ia bisa membuat berbagai variasi ekspresi dengan wajahnya misalnya tersenyum lebar hingga cemberut. Ia juga sudah bisa mengenali dan mengerti apa yang bunda sedang rasakan dari nada suara dan ekspresi muka bunda bahkan mungkin menangis jika bunda berbicara dengan nada kesal.

Bayi juga sudah bisa berkomunikasi secara vokal dengan membuat berbagai suara berbeda - tertawa, meniup gelembung dan berceloteh dengan rangkaian kosakata sederhana seperti “da da da”.

6. Perkembangan bayi tujuh bulan: Perkembangan mental atau berpikir atau nalar

Bayi belum bisa membedakan yang mana mainan dan yang bukan, sehingga ia mungkin akan berjalan langsung menuju ponsel bunda yang tergeletak di lantai. Tapi ia mulai memahami apa yang bisa dilakukan benda-benda berbeda tersebut, dan ia mungkin menunjukkan ketertarikan lebih untuk benda yang mengasyikkan buatnya.

Bayi juga mungkin sudah mulai bisa mengerti konsep hubungan aksi/reaksi.

Ia mungkin juga mulai melihat bagaimana benda-benda berhubungan satu sama lain, jadi ia mungkin bisa mengurutkan mainan, dan mengelompokkan benda sesuai ukurannya.

Dan jika ia melihat bayangannya di kaca dan tiba-tiba bunda muncul di belakangnya, ia mungkin berbalik dan melihat. Ia tidak lagi berpikir bahwa bunda berada di kaca!

Ingatan pada bayi berusia tujuh bulan sudah berkembang dengan baik, dan sejalan dengan itu bayi mulai mengerti akan konsep kekekalan dari sebuah objek. Beberapa bulan yang lalu, pada saat bunda menyembunyikan suatu benda atau muka bunda selama bermain cilukba, bayi berpikir bahwa bunda ataupun benda tersebut hilang selamanya. Sekarang, bayi menyadari bahwa orang maupun benda tersebut tetap ada, bahkan saat tidak terlihat.

Kekekalan objek berarti bahwa ketika bunda tidak terlihat pada saat bekerja atau sibuk dengan urusan lain, bunda tidak lepas dari ingatan bayi. Karenanya, pada umur tujuh bulan ini, bayi mungkin mulai mengalami kegelisahan akan perpisahan. Bayi menangis dan terus menempeli bunda setiap kali bunda mencoba untuk pergi ataupun menolak untuk ditinggalkan bersama pengasuh.

Karena bayi lebih nyaman dengan orang yang sudah dikenalnya, ketakutan pada orang asing mungkin juga mulai menjadi masalah pada usia ini.

Kecemasan akan perpisahan biasanya akan hilang dengan sendirinya pada saat bayi berusia dua tahun atau kurang. Untuk saat ini, cobalah untuk membuat jadwal kepergian bunda pada saat bayi sedang tidur siang atau makan atau sedang tidak rewel. Lakukan ritual perpisahan secara singkat dan manis, dan mintalah pengasuh untuk mengalihkan perhatian si kecil dengan mainan atau buku hingga bunda sudah keluar pintu. Dan jangan merasa bersalah - bayi bunda kemungkinan besar sudah berhenti menangis beberapa menit setelah bunda tinggalkan.

7. Pertumbuhan bayi tujuh bulan: Berat bayi tujuh bulan

Berat badan normal bayi tujuh bulan berbeda antara bayi laki-laki dan perempuan. Berat badan bayi 7 bulan dengan jenis kelamin laki-laki idealnya adalah antara 6,7 hingga 9,2 kg, sedangkan berat bayi 7 bulan dengan jenis kelamin perempuan adalah antara 6 hingga 9,2 kg.

Jika berat badan bayi sangat kurang (kurang dari 5,9 kg untuk bayi laki-laki dan kurang dari 5,3 kg untuk bayi perempuan), bayi harus segera mendapatkan penanganan dari dokter karena ada kemungkinan besar bayi mengalami masalah gizi buruk yang akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi tujuh bulan.

Sebaliknya, konsultasikan juga dengan dokter anak jika bayi mengalami gejala obesitas di mana berat bayi tujuh bulan berlebih (lebih dari 11,4 kg untuk bayi laki-laki dan lebih dari 11,1 kg untuk bayi perempuan).

8. Perkembangan bayi prematur pada usia tujuh bulan

Jika bayi bunda lahir prematur (sebelum minggu ke-37 kehamilan), bunda mungkin menyadari bahwa si kecil membutuhkan lebih banyak waktu sebelum ia bisa melakukan hal yang sama seperti bayi lainnya pada umur yang sama. Karenanya, kebanyakan dokter memberikan dua usia untuk bayi yang lahir prematur:

  • Usia kronologis, yang bisa dihitung dari tanggal lahir bayi.
  • Usia koreksi, yang dihitung dari tanggal seharusnya bayi lahir.

Opsi paling tepat untuk mengukur pertumbuhan dan perkembangan bulan ke bulan pada bayi yang lahir prematur adalah dengan mengukur menggunakan usia koreksinya, dan bukan usia lahirnya. Dokter bunda juga kemungkinan besar akan menilai tumbuh kembang bayi 7 bulan bunda dari waktu ia seharusnya dilahirkan.

9. Stimulasi bayi tujuh bulan

Pada usia tujuh bulan, bayi akan menikmati bermain permainan yang sama atau mendengarkan lagu yang sama terus menerus karena ia menyukai hal yang dapat ditebak.

Stimulasi bayi tujuh bulan dengan berbagai permainan dan lagu yang sesuai dan disukainya untuk mendorong perkembangan fisik dan mental bayi.

  • Bayi sekarang sedang menggebu-gebunya tertarik dengan permainan menyembunyikan. Ia juga mulai mengerti bahwa sesuatu itu ada meskipun ia tidak melihatnya (biasa disebut sebagai “kekekalan objek”), yang memicu masalah kegelisahan akan perpisahan mulai muncul sekarang.

    Mainkan permainan yang menegaskan pesan bahwa benda yang menghilang bisa kembali lagi.

    • Bayi akan menyukai permainan di mana orang atau benda terlihat dan tidak terlihat. Hibur sang buah hati dengan permainan favorit klasik cilukba dengan cara menyembunyikan wajah bunda atau benda di balik selimut untuk ia temukan.
    • Juga coba simpan mainan atau balok ke dalam kotak dan tutup, kemudian buka dan keluarkan mainan atau balok tersebut. Biarkan si kecil melakukannya sendiri, memasukkan dan mengeluarkan objek lagi dan lagi.
    • Berikan mainan Jack-in-the-box (Badut dalam kotak). Ia akan mengingat bahwa badut dalam kotak akan muncul pada akhir lagu, dan mungkin ketawa terbahak-bahak setiap kali ia muncul.
  • Seperti halnya bermain cilukba, coba sering-sering nyanyikan lagu-lagu pendek yang bisa dinyanyikan anak-anak seperti “Cicak di dinding”, “Burung kakatua”, “Sebelum kita makan”, dll. kepada si kecil. Ia akan menyukainya. Ini juga akan meningkatkan kemampuan memori dan pendengaran bayi.

    Sambil bernyanyi, bunda bisa menunjuk objek yang sedang dinyanyikan, mengganti objek-objek di dalam lagu dengan objek lainnya, atau memperagakan sesuai dengan lagu yang dinyanyikan.

    Misalnya, menunjuk cicak yang menempel di dinding pada saat bernyanyi lagu Cicak di Dinding, mengganti kata “kita” dalam lagu “Sebelum kita makan” dengan kata lainnya, seperti nama bayi bunda, kakak, papa atau mama.

    Permainan dan sajak lagu yang memiliki gerakan fisik, seperti menggelitik atau menggosok perutnya, akan cepat akrab di telinganya dan menjadi favoritnya dengan segera.

  • Buah hati bunda mungkin mulai menjelajah dengan tahapan berguling, merayap, lalu merangkak atau kombinasi gerakan-gerakan tersebut.

    Berikut beberapa langkah untuk membantu bayi memahami semua keahlian baru dan mendorong perkembangan koordinasi dan mobilitas baru ini.

    • Letakkan sebuah mainan sedikit di luar jangkauannya dan perhatikan ia berusaha meraihnya. Misalnya, menggulingkan bola lunak menjauh dan mendekati bayi pada saat ia duduk di lantai. Ini akan mendorongnya untuk bergerak.
    • Permainan ini juga akan membantu pemahaman bayi akan hubungan aksi/reaksi di mana bayi mungkin mulai bisa memahami bahwa kalau bunda mendorong bolanya maka bolanya akan bergerak.
    • Jika ia menangis karena tidak bisa menjangkaunya, tetap semangati ia dengan lembut. Ia akan lebih cepat percaya akan dirinya secara fisik jika bunda tidak terlalu memudahkan segala hal untuknya.
    • Setelah beberapa usahanya untuk meraih mainan, bayi mungkin bisa mencondongkan badannya ke depan, mengambilnya, dan kemudian kembali ke posisi semula. Tentu saja, ini akan memberinya ide untuk mencari cara mengambil benda-benda yang berada sedikit di luar jangkauannya. Bayi juga akan berusaha untuk mendapatkan benda-benda lain yang ia inginkan.
    • Pastikan keamanan bayi selama menjelajah dengan menjauhkan mainan atau objek yang mengandung bagian kecil atau tajam dari jangkauannya.

Mainan bayi usia tujuh bulan

  • Mainan dengan berbagai bentuk akan membantu perkembangan motorik dan keahlian berpikir anak. Tujuh bulan merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan mainan penyortir bentuk sederhana seperti gelas susun dan jack-in-the-box (badut dalam kotak).
  • Bayi juga mungkin menyukai boneka binatang, baik besar maupun kecil. Kemungkinan ada satu yang akan menjadi boneka favorit yang memberikan aman baginya dan akan segera menemaninya kemanapun ia pergi. Pada saat menambahkan anggota baru dalam koleksi mainan lunak bayi, carilah mainan boneka yang dijahit dengan baik yang bisa dicuci secara rutin.
  • Mainan yang sesuai lainnya termasuk bola lunak, gelang gigit dan mainan yang mengeluarkan suara musik.

10. Tips untuk bayi berusia tujuh bulan

Berikut beberapa tips dalam merawat dan mendidik bayi berusia tujuh bulan:

  • Sekarang saat bayi sudah lulus makanan padat, biarkan bayi ikut ambil bagian pada waktu makan keluarga dengan menempatkan bayi di kursi tinggi bayi dan mendekatkannya ke meja makan.
  • Biarkan bayi merangkak dengan tangan dan kakinya dan pastikan area bermain aman bagi bayi. Jika bayi masih belum banyak bergerak, ia akan tidak lama lagi.
  • Jadikan waktu bermain sebagai bagian rutinitas sehari-hari. Melantunkan lagu anak-anak, bermain cilukba dan berbagai permainan masa kecil lainnya bisa menjadi cara yang bagus untuk bersenang-senang dengan si kecil.
  • Bunda mungkin sering menemukan diri sendiri sudah mendirikan menara dari balok dan mengisi bahtera Nuh mainan dengan semua binatang untuk ke-15 kalinya dan jam baru menunjukkan pukul 10. Sabar bunda! Bayi pada usia ini memang senang sekali mengulang dan melakukan tugas yang sama terus menerus - pengulangan merupakan cara bayi mempelajari dunia baru yang menantang ini.
  • Jika ada barang yang bunda tidak inginkan dimainkan oleh bayi, letakkan di luar jangkauannya. Pada usia tujuh bulan bunda tidak bisa berharap ia tahu mana yang boleh dimainkan dan mana yang tidak.
  • Bayi belajar dengan meniru bunda, jadi jangan heran jika “mainan” favoritnya adalah kunci mobil, atau ponsel bunda. Membelikan beberapa mainan tiruan seperti ponsel plastik bisa membantu namun umumnya bayi tetap lebih menyukai barang aslinya.
  • Menggeliat, berguling dan merangkak merupakan kegiatan utamanya jadi jangan terkejut jika bunda menemukan si kecil begitu bertekad untuk merangkat dari satu sisi ruangan ke sisi lainnya.
  • Jangan terburu-buru mengambil alih hal yang tidak mampu dikerjakan si kecil, terutama jika hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat ingin ia lakukan sendiri. Semuanya adalah mengenai keseimbangan - jangan membiarkan si kecil sampai terlalu frustasi dengan kegagalannya, tapi ia juga harus belajar untuk bertekun dan gigih. Coba bimbing tangannya ke posisi yang tepat, lalu mundurlah dan biarkan ia mencobanya kembali.
  • Di usia inilah bayi bunda mungkin mulai menguji wewenang bunda dengan cara menolak mengikuti arahan bunda, misalnya memainkan telepon meskipun bunda sudah memberitahu bahwa telepon bukanlah mainan. Pada saat bayi tidak mau mendengarkan meskipun bunda berkata “tidak”, ia bukan sedang menjadi nakal atau sengaja, ia hanya penasaran. Ia juga belum bisa mengingat hal-hal lebih dari beberapa detik. Taktik terbaik menghadapinya adalah dengan mengatakan “tidak”, lalu alihkan perhatiannya dari apa yang sedang ia lakukan.

11. Bayi lengket dan rewel saat ditinggalkan

Usia tujuh bulan mungkin merupakan awal bayi mulai mengalami kegelisahan akibat perpisahan. Selain karena bayi mulai mengerti konsep kekekalan objek, bayi juga mungkin ketularan kecemasan bunda tentang ide harus meninggalkannya dengan orang lain. Ia mungkin menangis dan menempel terus, yang juga akan membuat bunda bingung dan kesal.

Untuk menenangkan bayi yang rewel dan menangis, cobalah pasang tampang berani demi kebaikan bayi walaupun bunda mungkin enggan dan sedih untuk meninggalkannya dengan orang lain. Melihat bunda senang dan santai akan membuatnya merasakan hal yang sama.

Pada waktu “percepatan pertumbuhan”, bayi bunda mungkin menjadi lebih gelisah dan menempel dari biasanya. Ia mungkin ingin lebih sering menyusui atau meminta makan, digendong terus menerus, dan menangis saat bunda mencoba menaruhnya. Atau bunda mungkin melihat ia tidak tenang dan mudah sekali menangis pada waktu ia biasanya santai dan tenang.

12. Apakah bayi tumbuh normal?

Setiap bayi adalah unik dan berbeda. Meskipun kita bisa mendorong mereka, mereka akan melakukan berbagai hal dan mencapai perkembangan milestone baik fisik maupun mental dengan kecepatan dan pada waktu nya sendiri. Semua yang dibahas di sini hanyalah garis pedoman dasar mengenai apa yang bisa dilakukan bayi tujuh bulan, jika tidak sekarang, mungkin nanti. Jika bunda memiliki pertanyaan mengenai pertumbuhan dan perkembangan bayi tujuh bulan bunda, bunda bisa mendiskusikannya lebih lanjut dengan dokter anak bunda.