Skip to main content

Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua Usia 4, 5, 6 Bulan

Di trimester kedua kehamilan anda, proses perkembangan janin dalam kandungan semakin pesat. Berikut ulasan singkat tahap perkembangan janin trimester kedua atau usia 4, 5 dan 6 bulan.

Baca juga: Fase Perkembangan Janin Bayi dalam Rahim Ibu Usia 1, 2, 3 Bulan dan Perkembangan Janin Trimester Ketiga Usia 7, 8, 9 Bulan.

Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua

Perkembangan janin usia 4 bulan
Perkembangan janin 15 - 16 minggu
Perkembangan Janin 15 MingguPerkembangan bayi 4 bulan dalam kandungan ditandai dengan pergerakannya yang semakin aktif walaupun anda masih belum bisa merasakan gerakannya. Ia mungkin mulai suka menghisap jempolnya dan tengkoraknya juga semakin solid. Tulang rusuknya mulai terbentuk namun belum terlalu kelihatan. Di awal tahap perkembangan janin trimester kedua hormon kehamilan mulai bekerja. Kelenjar prostat atau ovari berkembang. Langit-langit mulut bayi hampir sempurna.

Perkembangan janin 17 minggu
Sekitar minggu ketiga dari perkembangan janin trimester kedua, bayi anda sudah memiliki lapisan kulit transparan dan membentuk alis mata dan rambut di kepalanya. Mata dan telinga semakin terbentuk dan tulang serta sumsum sekarang terbentuk.

Perkembangan janin 18 minggu
Pada minggu ke-18 kehamilan anda mungkin bisa merasakan tanda-tanda pertama kehidupan dalam rahim anda. Jika tidak, anda akan segera merasakannya. Pendengaran bayi anda semakin baik sekarang. Ia bisa mendengar suara anda dan lawan bicara anda secara samar-samar. Ototnya bergerak secara refleks dan ginjalnya sudah memproduksi urin yang disimpan dalam kantung amniotic setelah dikeluarkan. Proses perkembangan janin 18 minggu dalam kandungan lainnya yang cukup signifikan adalah terbentuknya lapisan lemak (verniks) dan rambut yang sangat halus (lanugo) untuk melindungi kulitnya yang tipis.

Perkembangan janin usia 5 bulan

Perkembangan Janin Usia 5 BulanProses perkembangan janin 19 minggu dalam kandungan
Memasuki satu bulan tahap perkembangan janin trimester kedua, panjang bayi anda sudah sekitar 20 cm dengan berat kira-kira 300 gram. Mata bayi mulai sensitif terhadap cahaya dan ia sudah bisa berkedip, mengerutkan dahi serta menunjukkan berbagai eksperesi lainnya. Ia juga sudah bisa meninju. Lapisan lemak yang menjaga tubuh tetap hangat dan melindungi serta memberi tenaga ke tubuh juga semakin terbentuk. Perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan juga mencakup kemampuan menelan. Iya, bayi anda sekarang sudah bisa menelan! Syaraf di otaknya saat ini juga sudah tersambung ke telinga yang mana sudah mencapai posisi akhir di tengkorak. Bayi anda bisa mendengar detak jantung anda dan bunyi perut anda yang keroncongan. Ia mungkin bereaksi pada suara gaduh di luar lingkungannya dengan cara melompat atau bergerak.

Perkembangan janin 20 minggu
Perkembangan Janin 20 MingguDengan panjang sekitar 25 cm dan berat sekitar 350 gram sekarang bayi kemungkinan sudah bergerak kesana kemari dan anda bisa merasakannya! Kulitnya lebih tebal dan berkurang transparannya serta sudah ada alis mata dan sedikit rambut di kepalanya. Di usia perkembangan janin 20 minggu ini, sumsum tulang belakangnya mulai memproduksi sel darah dan ia mulai mencerna gula dari cairan amniotik anda.

Proses perkembangan janin 21 minggu dalam kandungan
Berat bayi anda sekitar 400 gram memasuki minggu ke-21 kehamilan anda. Indera perasa dan indera pengecapnya juga sudah berkembang. Alat kelamin sudah sempurna. Bayi anda akan belajar bernafas dengan cara menggerakkan cairan amniotic masuk dan keluar dari paru-parunya. Kulitnya semakin berkurang transparansinya dan mulai menyimpan lebih banyak lemak tubuh. Ia sudah memiliki sidik jari!

Perkembangan janin 22 minggu
Mendekati akhir perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan, bagian dalam telinganya sudah berkembang sampai tahap di mana ia bisa merasakan posisinya di dalam rahim apakah terbalik atau tidak. Sekarang ia sudah mulai memilki jadwal atau siklus tidur dan bangun. Jari tangan dan tangannya sudah terbentuk sempurna walaupun ia belum bisa mengontrolnya. Anda akan merasakan lebih banyak gerakan saat bayi anda menjelajah dunianya yang terbatas di dalam kandungan.

Perkembangan janin usia 6 bulan

Perkembangan Janin Usia 6 BulanProses perkembangan janin 24 minggu dalam kandungan
Pertumbuhan organ mata mulai terlihat nyata dan kelopak matanya mulai terpisah di usia perkembangan janin 24 minggu. Kulitnya berkeruk-kerut dan terdapat tumpukan lemak di bawahnya. Panjang janin mencapai 30-32 cm dengan berat kira_-kira 700 gram.

Perkembangan janin 25 minggu
Pada minggu ke-25, berat badannya akan berkisar sekitar 750 gram. Perkembangannya semakin pesat dengan alis mata, bulu mata dan mata yang semakin nyata.

Proses perkembangan janin 28 minggu dalam kandungan
Pada akhir tahap perkembangan janin trimester kedua ini, 2/3 dari perjalanan anda menuju persalinan sudah anda lewati dan perubahan yang anda maupun bayi anda alami akan semakin dramatis. Berat bayi 6 bulan dalam kandungan mencapai satu kilogram dengan panjang sekitar 35 cm. Saat ini organ dan sistem imun bayi anda sudah hampir sempurna dan terus bekerja keras agar benar-benar terbentuk sempurna serta siap pada saat persalinan nanti. Panjang badannya juga sudah bertumbuh tiga sampai empat kali lipat dari masa akhir trimester pertama. Jika janin anda lahir pada tahap usia kandungan 28 minggu ini, kemungkinan besar ia akan bisa bertahan hidup dengan perawatan khusus.

Demikian tahap perkembangan janin trimester kedua mulai dari usia kandungan 4, 5 sampai 6 bulan.